Senin, 19 Februari 2024

Gen Z dan Milenial Sebut Pembicaraan Tentang Uang Harus Dilakukan Sebelum Hubungan Menjadi Serius

Baca Juga

FinancialPost.ID – Meskipun kebanyakan orang mengatakan pasangan harus membicarakan uang dengan jujur sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius seperti menikah, namun kalangan Gen Z dan generasi milenial percaya bahwa percakapan tersebut harus dilakukan lebih cepat.

Hampir sepertiga, yaitu 32% generasi Z dewasa dan 40% generasi milenial mengatakan percakapan jujur tentang keuangan dan tujuan jangka panjang harus dilakukan sebelum suatu hubungan menjadi serius, menurut studi Planning & Progress tahun 2023 yang dilakukan oleh Northwestern Mutual.

Studi ini didasarkan pada 2.740 wawancara online di kalangan orang dewasa AS yang dilakukan antara 17 Februari hingga 2 Maret.

Kedua generasi ini telah mengalami beberapa kali gejolak pasar dan ekonomi selama tahun-tahun awal mereka, mulai dari Resesi Hebat tahun 2007-09 hingga pandemi Covid-19.

“Generasi Milenial dan Gen Z mengalami banyak peristiwa berbeda, mungkin dengan sangat cepat. Hal ini menjadikannya pembicaraan yang sangat penting bagi mereka,” kata perencana keuangan bersertifikat Kyle Menke, pendiri dan CEO Menke Financial yang berbasis di St. Petersburg, Florida, sebuah perusahaan yang berafiliasi dengan Northwestern Mutual.

Baca Juga: Indodana Ajak Milenial Belajar Bijak Pakai Layanan Fintech

Mengapa penting untuk menjalin hubungan tentang pembicaraan tentang uang?

Bersikap terbuka dan jujur dengan pasangan Anda harus menjadi inti dalam bahasa cinta, kata para ahli, dan itu termasuk membicarakan tentang uang.

Di seluruh generasi, 72% orang Amerika percaya bahwa pasangan harus membicarakan keuangan mereka sebelum hidup bersama, demikian temuan Northwestern Mutual.

“Uang, meski bukan hal terpenting dalam hidup, memiliki dampak signifikan di banyak bidang,” kata Menke.

Misalnya, calon pasangan Anda mungkin membelanjakan dan mengelola uang mereka dengan cara yang sangat berbeda dari Anda, kata CFP Sophia Bera Daigle, pendiri Gen Y Planning di Austin, Texas. Dia juga anggota Dewan Penasihat Keuangan CNBC.

“Tidak banyak orang yang memikirkan hal itu sebelum mereka tinggal bersama dan sebelum mereka mulai memikirkan hidup bersama orang ini,” kata Daigle sebelumnya kepada CNBC.

“Mencari tahu apakah Anda cocok sangat berkaitan dengan keberhasilan hubungan jangka panjang,” katanya.

Jika pasangan terbiasa membicarakan uang, kecocokan finansial mereka dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Northwestern Mutual menemukan bahwa pasangan yang telah bersama selama lima tahun lebih cenderung dilaporkan menjadi lebih cocok secara finansial. Generasi baby boomer adalah kelompok yang paling mungkin melihat kondisi keuangan mereka secara langsung.

“Baby boomer telah membicarakan hal ini, baik sebelum menikah atau setelah menikah. Pada titik tertentu, percakapan tersebut muncul dan mereka menyelesaikannya,” kata Menke.

“Penting bagi klien untuk melakukan percakapan tersebut langsung.”

Baca Juga: Kebanyakan Milenial, Investor Pasar Modal Tembus 11,4 Juta

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru