Selasa, 20 Februari 2024

Jelang Liburan Akhir Tahun, Simak Tips Traveling Anti Boncos

Baca Juga

Financialpost.ID – Mendekati akhir tahun, banyak dari kita merasakan euforia liburan yang semakin mendekat. Idealnya, momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengambil cuti dan merencanakan liburan bersama orang terdekat.

Namun, sayangnya, kegembiraan ini seringkali diikuti oleh penyesalan finansial karena kurangnya perencanaan keuangan yang baik. Sering kali kita tidak menyadari bahwa kurangnya perencanaan dapat mengakibatkan pengeluaran berlebihan atau bahkan menguras tabungan sepanjang tahun.

Baca juga: Cara Mudah Booking Hotel Di Shopee Untuk Traveling

Ditambah perilaku impulsif selama liburan juga dapat berdampak negatif pada kondisi keuangan pribadi. Jangan sampai liburan akhir tahun menjadi pemicu keuangan kita terganggu di tahun berikutnya. Untuk itu, simaklah beberapa tips traveling anti boncos!

1. Pelajari destinasi yang dikunjungi

Langkah pertama yang penting dalam merencanakan liburan adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Sebelumnya, lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton review, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dipilih.

Hindari godaan untuk menghabiskan lebih dari yang kamu mampu dengan mempertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis.

2. Membuat budget plan yang rinci

Setelah menetapkan destinasi, langkah selanjutnya adalah membuat rencana anggaran yang terperinci.

Rincikan setiap kebutuhan, mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh.

Dengan demikian kamu dapat memiliki gambaran jelas tentang jumlah uang yang diperlukan selama liburan. Jangan lupa menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

3. Membuka tabungan khusus

Selanjutnya, kamu juga bisa membuka tabungan atau rekening khusus untuk keperluan traveling.

Disiplin dalam menyisihkan dana khusus ini dapat membantu kamu memantau pengeluaran liburan dengan baik.

Idealnya, mulailah menabung setelah menetapkan destinasi dan merinci budget. Semakin awal kamu mulai menabung, semakin besar uang yang dapat kamu kumpulkan.

4. Kelola uang dengan bijak selama pergi

Tiba saat kamu harus berangkat, selalu ingat untuk bersikap bijak dalam mengelola uang. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah untuk mengalokasikan sejumlah cash agar kamu dapat membatasi pengeluaran dan membantu kamu menjadi lebih disiplin.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi atau tools keuangan yang dapat membantu kamu melacak pengeluaran secara real-time dan memberikan insight tentang bagaimana uang kamu digunakan.

5. Selalu siap siaga!

Selain melakukan persiapan yang matang, asuransi kesehatan juga memegang peran penting untuk memastikan liburan yang aman dan nyaman.

Meskipun kita tidak mengharapkan insidenn egatif, memiliki asuransi kesehatan adalah langkah antisipatif yang penting.

Langkah-langkah di atas memungkinkan kamu menjalani liburan tanpa beban finansial serta dapat memastikan setiap momen perjalananmu berkesan dan tanpa penyesalan.

Kebahagiaan dalam liburan akan berlipat ketika kamu dapat menikmati setiap detiknya tanpa harus merasa khawatir tentang masalah finansial.

Pastikan kamu memiliki proteksi yang cukup untuk melindungi cash flow setelah liburan selesai. Selamat berlibur akhir tahun!

Baca juga: Masyarakat Umum Bisa Ikut Jajal KA Cepat, Begini Caranya!

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru