Senin, 19 Februari 2024

Peringati Hari Ibu, OJK Gelar Edukasi Keuangan Kepasa Ibu dan UMKM

Baca Juga

Financialpost.ID – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi keuangan masyarakat terutama perempuan melalui penyelenggaraan kegiatan edukasi keuangan dalam rangka hari Ibu kemarin.

Sejalan dengan tema pelaksanaan Hari Ibu tahun 2023 yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, kegiatan edukasi keuangan bagi Perempuan dan Pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas ini diharapkan dapat mendukung pemberdayaan bagi kelompok perempuan serta mengapresiasi kontribusi para perempuan Indonesia yang memegang peranan penting dalam rangka mendorong kemajuan bangsa dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga: OJK Minta Bank Blokir 85 Rekening Pinjol Ilegal

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan bahwa kemampuan mengelola keuangan penting untuk dilakukan sehingga kedepannya masyarakat dapat membedakan uang untuk usaha dan uang untuk sehari-hari, atau biasa disebut dengan financial check-up.

Friderica juga menghimbau masyarakat agar senantiasa waspada terhadap berbagai penawaran investasi ilegal yang seringkali menawarkan imbal hasil yang tinggi dan pinjaman online ilegal.

“Uang untuk usaha mana, uang untuk sehari hari mana, kalau bahasa sekarang namanya financial check-up, dan yang penting nanti kalau Ibu-ibu pinjam uang jangan sampai masuk ke pinjol ilegal yang akan menyusahkan kita. Kemudian kita harus membedakan kebutuhan dan keinginan,” kata Friderica.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menyampaikan harapan kepada peserta edukasi keuangan agar dapat memanfaatkan momentum edukasi keuangan ini untuk lebih memahami karakteristik produk dan layanan jasa keuangan serta memiliki kewaspadaan terhadap tawaran investasi dan pinjol ilegal yang merugikan masyarakat serta pelajaran yang didapatkan dapat mengurai kemiskinan.

Baca juga: OJK Minta Perbankan Blokir Rekening Terkait Judi Online

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru