Selasa, 20 Februari 2024

Tekan Beban Keuangan, Waskita Karya PHK 500 Karyawan

Baca Juga

Financialpost.ID – Emiten konstruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah melakukan efisiensi pada 500 karyawannya.

Direktur Utama Muhammad Hanugroho mengatakan, langkah ini adalah upaya Waskita untuk mengurangi beban keuangan perusahaan.

Baca juga: Imbas PHK Ribuan Karyawan, Wells Fargo Bank Tekor Hampir $1 Miliar

Hanugroho mengungkapkan, jumlah karyawan Waskita setelah dilakukan efisiensi saat ini menjadi 1.500 orang dari sebelumnya sebanyak 2.000 orang.

Menurutnya, langkah tersebut sebagai upaya untuk menciptakan kombinasi yang sesuai dari sumber daya manusia atau rightsizing.

“Tidak lupa kami memperhatikan terkait in office, yaitu rightsizing jumlah pegawai yang saat ini sekitar 1.500 yang sebelumnya kita jumlah pegawai hampir 2.000, kita sudah lakukan rightsizing untuk 500 orang,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual.

Dia menjelaskan bahwa langkah efisiensi tersebut berhasil mengurangi beban umum administrasi perusahaan hingga delapan persen. Namun, dia tidak menutup kemungkinan akan adanya efisiensi serupa pada masa mendatang.

“Meskipun saat ini sudah melakukan hampir 18 persen, dan efisiensi nilai beban umum administrasi kita sekitar 8 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, manajemen Waskita menuturkan bahwa program rasionalisasi melalui PHK karyawan itu sejalan dengan program transformasi dan restrukturisasi keuangan Waskita—dengan target efisiensi beban usaha.

“Ke depan Waksita akan tetap melakukan program efisiensi ke depan,” tutup Hanugroho.

Baca juga: Startup Kesehatan Halodoc Lakukan PHK, Simak Alasannya

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru