Senin, 19 Februari 2024

Progres dan Realisasi Layanan Kereta Cepat Whoosh di 2023

Baca Juga

Financialpost.ID – Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, sejak mulai beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023, Kereta Cepat Whoosh kini sudah melayani 1.028.216 penumpang hingga 25 Desember 2023 dalam kurun waktu 2 bulan beroperasi.

“Adapun jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan Kereta Cepat Whoosh mencapai hingga 21.500 penumpang per hari,” ujarnya.

Baca juga: Penumpang Manfaatkan Tiket Whoosh Nikmati Promo Gratis dan Diskon

Untuk mengakomodir berbagai permintaan penumpang, Kereta Cepat Whoosh terus meningkatkan jumlah perjalanannya dari waktu ke waktu.

“Dari awalnya 14 perjalanan di bulan Oktober 2023, kini jumlahnya meningkat hampir 2,5 kali ke 48 perjalanan perhari di Desember 2023,” ujar Emir.

KCIC menerapkan strategi dynamic pricing didalam penerapan tarif Kereta Cepat Whoosh. Setiap kebijakan yang diambil akan melalui proses kajian dan evaluasi internal.

“Tarif Kereta Cepat Whoosh juga dipengaruhi berbagai aspek seperti jam keberangkatan, jumlah permintaan, atau periode keberangkatan,” katanya.

Berdasarkan survey, 48% penumpang Kereta Cepat Whoosh sebelumnya merupakan pengguna mobil pribadi. Artinya kehadiran Whoosh berhasil untuk membantu program pemerintah dalam mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Whoosh Tingkatkan Sektor Perekonomian Dan Pariwisata

Tidak hanya sebagai moda transportasi, Whoosh juga hadir dengan membantu pariwisata melalui promo destinasi menggunakan tiket Kereta Cepat Whoosh. Sejak Oktober 2023, lebih dari 30 ribu penumpang telah memanfaatkan program tersebut.

Hadirnya promo ini tidak hanya memberikan nilai tambah bagi penumpang, tapi juga mendorong peningkatan perekonomian melalui sektor pariwisata di berbagai daerah.

Hal ini dapat terlihat melalui meningkatnya okupansi pengunjung pada sejumlah penginapan yang berdekatan dengan jalur Whoosh atau Destinasi Wisata khususnya yang memiliki kerjasama promo menggunakan tiket Whoosh.

Guna mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, Stasiun Kereta Cepat Whoosh juga menghadirkan ruang khusus untuk para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner untuk ikut pada Bazar Kuliner.

“Secara total kini terdapat 94 tenan UMKM di area Stasiun Kereta Cepat yang sudah dapat dinikmati masyarakat baik pengguna ataupun non pengguna untuk menikmati beragam kuliner yang disajikan para pelaku UMKM lokal,” ujar Emir

Hasilnya, Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, menyatakan kinerja sektor riil terkait fenomena Kereta Cepat Whoosh telah meningkatkan mobilitas masyarakat sehingga mendorong sektor pariwisata, akomodasi, makanan & minuman menjadi faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

“Bank Indonesia optimis Perekonomian Jawa Barat tahun 2024 dapat tumbuh pada rentang 4.9% – 5.7% (yoy),” tutup Emir.

Baca juga: Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Tetap Promo Selama Desember 2023, Cuma Rp 200.000

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru