Senin, 19 Februari 2024

Buka Perdagangan BEI, Ma’ruf Amin Beri Wejangan

Baca Juga

Financialpost.ID – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan saat ini pertumbuhan ekonomi kebanyakan negara maju terus merosot. Namun, Indonesia justru mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Data Badan Pusat Statistik (BPS) pun mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2023 mencapai hampir 5 persen (year-on-year),” kata Wapres Ma’ruf saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2024.

Baca juga: Wakil Presiden RI Beri Tiga Arahan Untuk Perkuat Keuangan Syariah

Ma’ruf Amin juga mencermati jumlah penghimpunan dana serta jumlah investor ritel naik. Selain itu, investor ritel pasar modal yang kini mencapai 12 juta lebih mengindikasikan adanya partisipasi masyarakat yang kian baik.

“Kiranya pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia tahun 2024 menandai dimulainya tahun berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menyampaikan tiga hal penting dalam rangka memajukan pasar modal Indonesia.

“Saya ingin sampaikan beberapa hal, pertama tingkatkan inovasi teknologi dan digitalisasi di pasar modal. Ini ada peran penting di pendalaman pasar modal. Selain memperluas basis investor dan emiten, ini juga akan mempermudah akses pasar modal dan menarik generasi muda dan milenial. Untuk itu pelaku pasar modal harus didorong untuk memberi produk yang menarik,” ujar Ma’ruf.

Kedua, dirinya meminta stakeholder pasar modal untuk meningkatkan literasi kepada masyarakat. Bursa menurutnya tak lagi eksklusif bagi korporasi besar tapi juga rumah bagi UMKM dan masyarakat lain.

Ketiga, sinergi pelaku kepentingan untuk mendorong perdagangan BEI lebih besar lagi. BEI dan SRO serta OJK diminta agar mempertahankan performa perdagangan maksimal dan terus menciptakan ekosistem yang kondusif serta menarik.

Beliau juga mengapresiasi pencapaian kinerja pasar modal RI yang tinggi. Faktor global yang berpotensi mendatangkan risiko ke perekonomian Indonesia termasuk BEI terus dinavigasi dengan kuat.

“Mari kita songsong tahun dengan penuh optimisme, semangat dan kerja keras agar pembangunan negeri mencapai tujuan mulia. Kiranya pembukaan perdagangan ini menandai tahun berkah untuk seluruh masyarakat Indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa memberi inayahnya dan meridoi semua yang kita lakukan,” tutup Ma’ruf.

Baca juga: Wapres Beri Arahan Strategis Untuk Akselerasi Digital Transaksi Keuangan Daerah

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru