Selasa, 20 Februari 2024

Penutupan Rupiah Melemah 25 Point, Dilevel Rp15.516

Baca Juga

Financialpost.ID – Rupiah ditutup melemah 25 poin ke Rp15.516 pada perdagangan Jumat, 5 Januari 2024 jelang rilis data nonfarm payrolls AS periode Desember 2023 yang akan dirilis malam nanti.

Pengamat Pasar Uang dan Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan rupiah ditekan sentimen eksternal dan internal.

Baca juga: Rupiah Melemah Tipis, Bank Sentral Terlalu Membatasi

“Sedangkan untuk perdagangan senen depan, mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup melemah direntang Rp15.510 – Rp15.560,” ujarnya.

Ibrahim mengungkapkan, greenback melonjak minggu ini karena para pedagang mencari lebih banyak keyakinan bahwa The Fed akan mulai memotong suku bunga pada awal tahun 2024.

Para pedagang terlihat mengurangi ekspektasi bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya paling cepat pada bulan Maret 2024, sementara cakupan penuh dari potensi pemotongan tersebut juga masih belum jelas.

Alat CME Fedwatch melihat para pedagang menurunkan ekspektasi mereka terhadap penurunan suku bunga pada bulan Maret 2024 menjadi 62% dari 72% yang terlihat pada minggu sebelumnya.

“Pasar sekarang fokus pada data nonfarm payrolls untuk bulan Desember, yang akan dirilis pada hari Jumat,” kata Ibrahim.

Angka tersebut diperkirakan menunjukkan lebih banyak pendinginan di pasar tenaga kerja, meskipun para pedagang tetap khawatir atas kekuatan yang tidak terduga setelah data klaim pengangguran mingguan dan data gaji swasta yang lebih kuat dari perkiraan yang dirilis awal pekan ini.

Pasar tenaga kerja yang melemah dan inflasi yang lebih lemah adalah dua faktor utama yang dipertimbangkan oleh The Fed dalam memangkas suku bunganya.

“Meskipun keduanya telah melemah secara substansial dalam beberapa bulan terakhir, para pedagang masih belum yakin apakah hal tersebut akan cukup untuk mendorong pelonggaran moneter agresif oleh The Fed pada tahun 2024,” tutup Ibrahim.

Baca juga: Penutupan Pasar Tahun Baru, Rupiah Ditutup Melemah 11 Point

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru