Senin, 19 Februari 2024

Gandengtangan Salurkan Pendanaan Capai Rp174 Miliar Ke UMKM

Baca Juga

Financialpost.ID – Perusahaan peer-to-peer lending GandengTangan menyalurkan pendanaan hingga Rp 174 miliar kepada 25.792 penerima dana sepanjang 2023.

Dari sisi laporan laba rugi pertumbuhan pendapatan pada 2023 meningkat sebesar 33 persen dibandingkan 2022.

Hal ini yang membuat GandengTangan mencetak rekor baru pendanaan terbesar tahunan sejak awal berdiri.

Baca juga: Dukung Pemanfaatan UMKM, Pemerintah Lanjutkan Penyaluran KUR 2024

Lewat capaian tersebut, hingga kini penyaluran pinjaman telah mencapai hingga Rp 270 miliar saat menutup 2023.

Memasuki 2024, GandengTangan berencana untuk terus tumbuh melalui prinsip cepat, nyaman, mudah yang siap diberikan baik kepada para lender maupun borrower.

Hal ini dibuktikan pula lewat perilisan logo barunya setelah 8 tahun berdiri. Dengan rebranding terbarunya ini, GandengTangan semakin mempertegas komitmennya untuk terus berniovasi dan menjangkau UMKM lebih luas.

CEO GandengTangan Jezzie Setiawan menjelaskan, geliat UMKM sepanjang 2023 terus tumbuh seiring tingkat adaptasi teknologi yang semakin maju.

Hal ini dibuktikan dengan ketertarikan mereka untuk mulai mengajukan kepemilikan modal melalui teknologi.

“Hal inilah yang membuat perusahaan berhasil membukukan kinerja positif dan bertumbuh 3x lipat pada tahun 2023. Capaian ini tentunya tidak terlepas dari peran seluruh pihak, baik para borrower dan para lender yang memiliki kepercayaan kuat pada kami,” ujarnya.

Dari sisi penyedia layanan, GandengTangan terus memberikan kenyamanan terutama dari sisi API development dan management.

Hal ini memungkinkan platform lain bisa mengirimkan data ke sistem GandengTangan secara mudah dan otomatis.

Adapun dari sisi manajemen risiko, GandengTangan juga telah menggunakan metode AI untuk analisa rekening koran sehingga mempercepat tim analis untuk memproses pengajuan pinjaman dan dapat mendeteksi fraud lebih dini.

Lewat kemudahannya tersebut, GandengTangan berhasil mempertahankan kualitas pinjaman melalui TKB90 sebesar 97.5%.

“Tak hanya itu, GandengTangan juga berhasil meraih pembukuan yang positif dimana perusahaan berhasil mencetak laba bersih dengan net profit margin (NPM) atau margin laba bersih sebesar 35%, serta EBITDA margin sebesar 43%,” ujarnya.

Baca juga: Tak Hanya Andalkan Media Sosial, Berikut Tips Kembangkan Usaha UMKM di Era Digital

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru