Senin, 19 Februari 2024

Tips Finansial Sehat, Mulai dari Rencana hingga Pelaksanaannya

Baca Juga

Financialpost.ID – Memiliki kondisi keuangan sehat menjadi salah satu target atau resolusi tahun baru yang diingat banyak orang.

Kondisi Keuangan yang sehat bisa ditandai dengan memiliki gaji yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meski memiliki penghasilan yang cukup tinggi, tentu Anda harus tetap memperhatikan kondisi keuangan.

Baca juga: Bank Mandiri Layani Transaksi Finansial Perusahaan Kesehatan

Banyak hal yang dilakukan setiap hari dilakukan karena kebiasaan, termasuk cara memilih untuk membelanjakan uang. Kebiasaan belanja yang buruk dapat membawa Anda ke dalam masalah keuangan.

Mumpung awal tahun, kita harus membuat perencanaan pengaturan keuangan yang baik agar resolusi dan harapan kita bisa terwujud.

1. Tinjau Target Keuangan

Di awal tahun ini tinjau kembali target keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang yang kita punya. Jika belum pernah punya target keuangan, sekarang saatnya membuat perencanaan.

2. Aturan 50/30/20

Salah satu metode yang bisa diikuti untuk merencanakan keuangan adalah aturan 50/30/20, dimana 50 persen dari pendapatan digunakan untuk membiayai segala macam kebutuhan, 30 persen untuk membiayai keinginan, serta 20 persen untuk tabungan dan atau investasi.

3. Instrumen Proteksi (Asuransi)

Jika pada tahap perencanaan kamu sudah bisa mengatur besaran budget pemasukan, pengeluaran, simpanan dan investasi, mungkin kini saatnya kamu berpikir mengenai instrumen proteksi yakni asuransi. Instrumen ini penting untuk mengurangi efek dari kejadian tak terduga yang bisa terjadi.

Jenis asuransi sangat beragam, pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, karena tujuan asuransi adalah proteksi maka fokus pada manfaat perlindungannya bukan pada berapa besar keuntungan yang bisa didapat.

4. Mengelola Utang

Utang menjadi hal sensitif untuk dibahas ketika berbicara soal perencanaan keuangan, sering kali jika kita berutang maka kita dianggap tidak mampu. Padahal utang bisa jadi instrumen produktif yang membantu cashflow kita.

Awali tahun yang baru ini dengan melakukan berbagai kebaikan demi finansial yang lebih sehat. Mulai dengan perencanaan keuangan yang baik serta sikap disiplin dalam mengikuti rencana yang telah disusun, serta bijak dalam mengeluarkan uang untuk bermacam-macam kebutuhan.

Baca juga: Tips Pilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru