Senin, 19 Februari 2024

ETF Bitcoin Spot Hadir, Gebrakan Baru di Dunia Kripto

Baca Juga

Financialpost.ID – Dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin berbasis spot (ETF bitcoin spot) telah disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Hal ini menjadi pendorong kenaikan harga-harga kripto.

CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Kamis, menyatakan persetujuan ini merupakan tonggak penting bagi industri aset kripto global dan berpotensi memberikan dampak positif bagi pasar aset kripto di Indonesia.

Baca juga: Jelang Bitcoin Halving Day 2024, Berikut Persiapan dan Taktik Investasi

Pengesahan ETF Bitcoin Spot, menandakan Bitcoin sebagai komoditas yang diakui secara global, bahkan oleh SEC atau otoritas jasa keuangan (OJK) nya Amerika Serikat.

Terdapat 11 perusahaan yang permohonannya disetujui SEC, yaitu ARK 21Shares, Invesco Galaxy, VanEck, WisdomTree, Fidelity, Valkyrie, BlackRock, Grayscale, Bitwise, Hashdex, dan Franklin Templeton. ETF ini dikabarkan dapat mulai diperdagangkan pada 11 Januari 2024.

“Pengesahan ETF Bitcoin spot di AS merupakan sinyal positif bagi industri aset kripto global. Hal ini menunjukkan bahwa regulator mulai menerima kripto sebagai aset yang sah dan dapat diinvestasikan,” ujar Oscar.

Menurut dia, disetujuinya ETF pertama ini dapat membantu masalah instabilitas Bitcoin itu sendiri.

“Aset kripto, tak terkecuali Bitcoin merupakan aset yang memiliki volatilitas yang tinggi. Maka dari itu, lahirnya ETF Bitcoin Spot dapat membuat harga bitcoin lebih stabil.

ETF Bitcoin Spot, dapat membuat Bitcoin lebih mudah dibeli dan dijual karena menawarkan likuiditas yang lebih tinggi daripada pasar Bitcoin spot tradisional.

Tak hanya itu, ETF Bitcoin Spot, menurut dia, dapat membantu mendorong para investor baru untuk mengadopsi aset kripto.

“Diluncurkannya ETF Bitcoin Spot dapat menarik perhatian masyarakat untuk terjun ke dunia kripto. Hal ini karena ETF Bitcoin Spot memungkinkan calon investor untuk mencoba memasuki market tanpa ada risiko membeli aset itu sendiri,” tutup Oscar.

Baca juga: Bitcoin Melesat $47.000 Menjelang Keputusan ETF Bitcoin Spot

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

Berita Terbaru